Seminar Bagian Hukum Keperdataan Fakultas Hukum Universitas Udayana

DSC_0163

Hari selasa tanggal 18 Juli 2017 telah dilaksanakan Seminar Dan Pelatihan Bagian Hukum Keperdataan Tahun 2017 Fakultas Hukum Universitas Udayana Dengan Tema Seminar: “Kontrak Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah” Dan Tema Pelatihan: “Tehnik Penulisan Dan Model Review”. Seminar yang diselenggarakan oleh Bagian Hukum Keperdataan Fakultas Hukum Universitas Udayana ini mengundang Prof. Dr. Putu Sudarma Sumadi, SH.,SU sebagai narasumber seminar dan Dr. Ni Ketut Supasti Dharmawan, SH.,M.Hum.LLM sebagai Narasumber Pelatihan. Seminar dan pelatihan ini diawali dengan Laporan Ketua Panitia yang sekaligus juga sebagai Ketua Bagian Hukum Keperdataan Fakultas Hukum Universitas Udayana Dr. I Wayan Wiryawan, SH.,MH, kemudian dibuka secara resmi oleh Bapak Dekan Fakultas Hukum Universitas Udayana Prof. Dr. I Made Arya Utama, SH.,M.Hum. Suasana terasa sangat mengharukan ketika Bapak Dekan memimpin doa sebelum membuka acara dalam rangka berbelasungkawa atas berpulangnya Drs, Yuwono, SH.,Msi.

Pada sesi seminar, Prof. Dr. Putu Sudarma Sumadi, SH.,SU mengatakan bahwa kontrak pengadaan barang/jasa pemerintah menyimpan sejumlah permasalahan hukum yang mendasar. Adapun permasalahan hukum yang dapat diinventarisasikan diantaranya terdiri dari tiga kelompok permasalahan ; pertama, permasalahan yang bersifat teoritis, kedua, permasalahan yang menyangkut hubungan hukum kontrak dengan bidang hukum lain, dan yang ketiga, permasalahan hukum yang timbul dalam praktek kontrak pengadaan barang/jasa pemerintah.

Pada sesi pelatihan, Dr. Ni Ketut Supasti Dharmawan, SH.,M.Hum.LLM memaparkan mengenai teknik penulisan proposal penelitian serta model review yang digunakan di Universitas Udayana dan yang umum digunakan secara nasional maupun internasional. Dr. Ni Ketut Supasti Dharmawan, SH.,M.Hum.LLM juga mengajak para peserta untuk membuat judul penelitian serta menjelaskan letak urgensinya yang kemudian ditanggapi oleh Beliau serta disarankan trik-trik yang dapat menyempurnakan judul agar tetap orisinal, menghusus/konkret, mutakhir/kebaruan, serta luaran yang dapat dijangkau.

Kegiatan Seminar Dan Pelatihan Bagian Hukum Keperdataan Tahun 2017 Fakultas Hukum Universitas Udayana Dengan Tema Seminar: “Kontrak Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah” Dan Tema Pelatihan: “Tehnik Penulisan Dan Model Review” diselenggarakan dengan harapan agar melahirkan peneliti-peneliti dibidang pengadaan barang/jasa pemerintah sehingga nantinya dapat memberikan pelatihan lebih lanjut kepada stake holders agar tidak terjebak dalam persoalan hukum terkait tugasnya dalam penyusunan pertanggungjawaban khususnya berkaitan dengan pengadaan barang/jasa.

DSC_0186

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *