Kegiatan Pelatihan Penulisan Buku Ajar

Fakultas Hukum Universitas Udayana sebagai lembaga pendidikan negeri di Provinsi Bali memiliki komitmen untuk kemajuan masyarakat melalui pengembangan pendidikan. Pengembangan pendidikan dilakukan dengan selalu memperkaya diri tenaga edukatif dengan kemampuan di bidang akademik dalam bentuk pengembangan perangkat pembelajaran.

Unit Penjaminan Mutu Fakultas Hukum Universitas Udayana menyelenggarakan pelatihan penulisan buku ajar yang dilaksankan pada hari rabu tanggal 24 Mei 2017. Dalam acara pembukaan Bapak Dekan menyampaikn sambutan yang pada intinya mengapresiasi kegiatan ini, karena buku ajar sangat penting dalam penyelenggaraan pendidikan. Apalagi dalam kondisi sekarang, berkaitan dengan KKNI.

Dalam pelatihan penulisan buku ajar disampaikan oleh 2 (dua) nara sumber yaitu : Pemakalah pertama Prof. Dr. I Dewa Ketut Harya Putra, M.Sc. Ph.D dengan Judul Makalah : Penulisan Buku Ajar Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan di Perguruan Tinggi. Dalam makalah tersebut Prof. Harya Putra menyampaikan dalam proses belajar mengajar, perlu memberikan materi yang berkaitan hal-hal kebaruan, dikarenakan keilmuan yang terus berkembang dan dalam pembuatan buku ajar, diperlukan menggunakan bahan-bahan asing, agar mendapatkan informasi yang jelas. Hanya saja dalam penggunaan textbook asing, masih ada kendala dalam mempelajari textbook berbahasa asing soal pengetahuan Bahasa asing.

Pemakalah kedua Dr. Ni Ketut Supasti Dharmawan, SH.,M.Hum. LLM dengan makalah Teknik Penulisan Buku Ajar, lebih menekankan pada gaya selingkung FH Unud. Peraturan perundang-undangan mengharuskan buku ajar dalam penyelenggaraan pendidikan, baik di tingkat Undang-Undang Pendidikan Tinggi, Peraturan Presidenn  tentang KKNI maupun Peraturan Mneteri Dalam Negeri tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi. Penulisan buku ajar harus di dasarkan dengan capaian pembelajaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *