Blog

Webinar Today’s Diplomacy : A Peek From Diplomatic Law Lenses and Washington DC Notes

Hubungan Diplomatik sendiri memiliki artian yaitu hubungan yang dijalankan antara negara satu dengan negara lainnya untuk saling memenuhi kebutuhan masing-masing negara. Dari diplomasi tersebut, sebuah negara akan menghasilkan keputusan kerja sama antar negara untuk menyelesaikan konflik yang terjadi. Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwasanya hubungan diplomatik sangat diperlukan dalam hubungan internasional agar terciptanya suasana yang harmonis antar negara di dunia. Selain itu terdapat beberapa manfaat mengapa SCIL mengadakan webinar mengenai diplomasi yaitu memberikan bekal pemahaman serta wawasan dengan berbicara langsung mengenai praktik diplomasi. Kemampuan berdiplomasi menjadi sebuah hal yang penting di era persaingan seperti sekarang, lebih lanjutnya memberikan pelatihan bagi mahasiswa khususnya yang cenderung meneruskan minatnya menuju Hubungan Internasional dalam skill berdiplomasi.

Berdasarkan akan hal diatas, pada tahun 2020 ini, SCIL bekerja sama dengan pihak Kedutaan Besar Indonesia untuk Amerika Serikat dari Washington DC untuk mengadakan webminar terkait situasi diplomasi Indonesia dan Amerika Serikat selama pandemic ini.

Dikarenakan masih berlangsungnya Pandemic COVID-19, maka kegiatan seminar internasional ini sendiri akan dilangsungkan secara daring (online). Kegiatan ini sendiri berlangsung pada tanggal 17 Juli 2020 dengan menggunakan media Cisco Webex Udayana dan disiarkan langsung melalui Youtube Channel Udayana Tv. Kegiatan ini sendiri diikuti oleh 121 orang dari berbagai kalangan. Kegiatan ini diawali dengan Opening MC, Laporan Project Officer, Sambutan President SCIL dan dibuka oleh Dekan Fakultas Hukum Universitas Udayana. Dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai diplomasi oleh Made Maharta Yasa yang mana merupakan dosen bidang Hukum Internasional di Fakultas Hukum Universitas Udayana. Kemudian dilanjutkan pemaparan materi Hubungan Diplomatik Republik Indonesia dengan Amerika Serikat oleh Muhammad Al Aula yang merupakan diplomat RI di KBRI Washington DC. Tak lupa pada kegiatan ini, dilangsungkan sesi tanya jawab. Kegiatan ini pun berakhir pada pukul 11.45 WITA.

SCIL, We Are Smart and Low Profile!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *