Blog

“ALSA SPEAK UP” 2019 KOMPETISI NASIONAL BERBAHASA INGGRIS OLEH UKM ALSA FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS UDAYANA

“ALSA Speak Up”merupakan kompetisi berbahasa Inggris tingkat nasional yang diadakan setiap tahunnya oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) ALSA atau yang lengkapnya dikenal dengan ALSA Local Chapter Universitas Udayana. Kompetisi “ALSA Speak Up” pada tahun ini diselenggarakan selama 2 (dua) hari yakni dari tanggal 2 s/d 3 November 2019, dengan 2 (dua) kategori perlombaan yakni Model United Nations (MUN)atau yang dikenal dengan Sidang Semu PBB serta Open Debate yang merupakan lomba debat berbahasa Inggris dengan sistem debat British Parliementary. Lomba yang diikuti oleh 13 delegates pada kategori MUN dan 12 team pada kategori Open Debate ini mengusung tema “With Knowledge We Contribute, With Knowledge We Survive”, yang menjunjung pemikiran bahwa setiap orang dapat berkontribusi dengan ilmu pengetahuan, dan pada akhirnya akan bertahan hidup melaluinya. Pada hari pertama (2 November), dilakukan opening ceremony sebelum dimulainya perlombaan babak penyisihan pada kategori Open Debate untuk menentukan team yang akan lolos ke babak final keesokan harinya. Opening ceremony dimulai dengan tari pembukaan, menyanyikan la+gu kebangsaan “Indonesia Raya”, menyanyikan ALSA Anthem serta dilanjutkan dengan pembacaan doa dan sambutan-sambutan hingga kepada sambutan oleh Wakil

Dekan III (Bapak Dr. I Gede Yusa, SH., MH.) yang sekaligus membuka acara perlombaan ALSA “Speak Up” 2019 dengan pemukulan gong sebanyak 3 (tiga) kali. Setelah dibukannya acara, perlombaan dimulai dengan penyisihan team pada kategori Open Debate dalam 3 (tiga) kali ronde untuk menentukan team yang lolos ke babak final keesokan harinya.

Pada hari kedua (3 November), dilangsungkan perlombaan MUN dan babak final dari Open Debate, dimana pada mulanya terdapat 12 (dua belas) team kemudian telah tersisih menjadi 4 (empat) team. Babak final Open Debate ini berlangsung dengan sangat seru dan sengit, pun halnya tidak kalah seru pada perlombaan MUN yang berlangsung selama sekitar kurang lebih 6 (enam) jam. Sebelum agenda pengumuman pemenang dan pemeberian penghargaan dari masing-masing kategori perlombaan, terlebih dahulu dilangsungkan closing ceremony yang diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembacaan doa serta pidao-pidato penutup hingga pada akhirnya pidato penutup oleh Wakil Dekan III yang dilanjutkan dengan suguhan acoustic performance dari grup duo mahasiswa dan mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Udayana. Penghujung acara ditandai dengan pengumuman pemenang serta pemberian penghargaan bagi pemenang dari masing-masing kategori perlombaan.
 
Pada kategori perlombaan Open Debate, team atas nama None The Wiser berhasil menjadi juara pertama, Canggu Babes berhasil menempati podium kedua, dan Biarkan Kami First harus puas menempati posisi ke-3. Terdapat pula tambahan seperti pemberian penghargaan kepada beberapa peserta sebagai Co–Best Speakers. Pada kategori perlombaan MUN, delegates yang beranggotakan Gede Khrisna Kharismawan dan Putu Indah Savitri berhasil meraih gelar “Best Delegate”, delegates yang beranggotakan Sandra dan Ketut Wulan Ari Kartika Ardhaputri berhasil meraih“The Most Outstanding Delegate”, serta delegates yang beranggotakan Putu Ditha Tilottami Upaningtyas dan Salsabila Aulia Putri Nasution berhak meraih“Honorable Mention”. Adapun delegates yang beranggotakan Julio Agriva dan Maheswara Perbawa Sukawati meraih penghargaan “Best Position Paper” atau berkas terbaik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *